Jumat, 06 Januari 2012

KEMISKINAN DISEKITAR KITA

Kesejahterakan rakyat merupakan cita-cita bersama untuk mengujudkan masyarakat yang adil dan makmur, perputaran roda perekonomian masyarakat bisa lihat dari angka kemiskinan dan lapangan pekerjaan yang disediakan oleh pemerintah kepada rakyatnya.

mensejahterakan rakyat menjadi tugas utama pemerintah sebagaimana tertuang dalam UUD 1945. tetapi, 66 tahun Indonesia sudah merdeka, belum bisa menimalisir angka kemiskinan dan penggangguran. ini menjadi sebuah gambaran bahwa lemahnya peran pemerintah dalam menuntaskan angka kemiskinan.

Pada tahun 2011 masih sangat banyak masyarakat Aceh yang hidup dibawah garis kemiskinan, padahal PAD (pendapatan anggaran daerah)sangat melonjak naik,namun dana tersebut tidak tau kemana hilangnya.Ungkap seorang tokoh didesa Blangmee Kecamatan Lhoong Aceh Besar.beliau pernah dijanjikan akan diberikan subsidi,namun sampai sekarang subsidi tersebut belum pernah diterima juga.padahal beliau sangat mengharapkan bantuan tersebut,karna bisa membantu atau meringankan beban Rumah tangga,seperti minyak tanah.yang sekarang harganya bisa mencapai Rp 11,000 per liter.

Keluarga tersebut hanya mendapat pendapatan dari hasil persawahan,sedangkan hasil dari persawahan tidak bisa ditentukan,bisa saja gagal panen.jika hal itu terjadi maka keluarga mereka akan mengalami kesulitan dalam bidang SDM.karna mereka hanya berharap penghasilan dari persawahan.sedangkan bidang pekerjaan lain sangat minim diwilayah tersebut.

kepala desa (keucik) desa tersebut jiga menjelaskan tentang permasalahan subsidi yang sangat diharapkan warganya,namun malah yang ada cuma janji saja.malah pada 2011 kemaren kami pernah dijanjikan akan diberikan kompor gas beserta tabung gas,tapi sampai sekarang barang tersebut belum kami terima juga.kenapa cuma janji ? kata keucik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar