Jumat, 06 Januari 2012

Review Artikel" DPD usulkan pembentukan lembaga keuangan mikro pedesaan"

Tulisan yang akan saya review adalah artikel mengenai "DPD usulkan pembentukan lembaga keuangan mikro pedesaan". Anggota DPD-RI asal Bengkulu, Bambang Soeroso telah mengusulkan agar dibentuknya lembaga keuangan mikro di pedesaan di selurun wilayah Tanah Air untuk memberikan akses permodalan bagi masyarakat desa ke depan. Ia menjelaskan, tujuan pembentukan lembaga keuangan mikro di pedesaan itu adalah untuk mempermudah masyarakat desa mendapatkan permodalan untuk mengembangkan usahanya, sehingga perekonomian desa dapat meningkat sesuai yang harapkan.

Bambang Soeroso datang ke sejumlah kabupaten di Bengkulu untuk menyerap aspirasi masyarakat di daerah itu. Selanjurnya, aspirasi tersebut akan di sampaikan ke pihak terkait di Jakarta.

Namun, katanya, tugas DPD hanya sebatas mengusulkan ke DPR-RI. Selanjutnya disahkan atau tidak usulan yang diajukan DPD sudah menjadi hak dan kewenangan dari legeslatif.

Dalam kesempatan tersebut, Bambang juga mengungkapkan DPD-RI juga telah memperjuangkan anggaran perbaikan jalan nasional dan provinsi ditingkat nasional. Hal ini dilakukan karena kondisi jalan di Bengkulu, terutama jalan provinsi masih sangat prihatin karena hampir 60 persen kondisinya rusak parah. Akibatnya, pendistribusian barang ke beberapa daerah ini Bengkulu tidak dapat berjalan lancar sebagaimana yang diharapkan masyarakat. Ini berdampak terhadap biaya transportasi barang dan manusia di beberapa daerah di Bengkulu menjadi mahal. Karena itu, DPD terus memperjuangkan dana perbaikan jalan di Provinsi Bengkulu di APBN setiap tahunnya. Jika aktivitas masyarakat dapat berjalan lancar, maka secara tidak langsung akan berdampak terhadap peningkatkan ekonomi masyarakat baik di kota maupun di desa di wilayah tersebut.

Karena itu, DPD-RI secara terus menerus memperjuangkan agar dana APBN untuk perbaikan jalan nasional dan provinsi di Bengkulu setiap tahun terus meningkat. Dengan demikian, arus transportasi di daerah ini semakin mantap, katanya. (ANT-212/A023)

Jika lembaga keuangan mikro di pedesaan terbentuk, tentunya akan sangat bermanfaat untuk rakyat sehingga usaha mikro di pedesaan dapat tumbuh dan sekaligus dapat meningkatkan perekonomian di desa tersebut dan kesejahteraan masyarakat di desa tersebut. Dan sangat diharapkan program ini bukanlah hanya sekedar janji, tapi direalisasikan sesuai dengan ketentuan-ketentuannya. program ini dapat tumbuh dan berkembang dan menjadi pondasi bagi masyarakat pedesaan untuk membangun usahanya.

Link : http://smeindonesia.com/?p=2572

Tidak ada komentar:

Posting Komentar